admin December 22, 2017

Dr.H..Anwar Usman,SH,MH,WKL KETUA MK. (-2017 # Foto dok:MS GrouP.

BIMA , (Harian Stabilitas.Com) – Dugaan cacat hukum terhadap Surat Keputusan (SK) Bupati Bima Nomor : 821.2?915/07.2?2017 tanggal 15 Desember 2017 tentang pengangkatan sebanyak enam pejabat struktural dan fungsional.

Khususnya, penetapan Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang kini sudah beralih fungsi menjadi PNF, memperoleh perhatian serius DR.H.Anwar Usman, SH, MH. Bahkan, Wakil Ketua Mahkamah Kostitusi (MK) RI itu dengan nada lembut menyarankan Bupati Bima, Hj.Indah Damayanti Putri untuk segera mencarikan jalan terbaik untuk persoalan Mutasi Kepala SKB tersebut.

Caranya, ya Bupati carikan solusi terbaik, Saya kira, kita semua menginginkan yang terbaik. Tak terkecuali, saya, Dinda atau siapapun termasuk yang merasa dirugikan,” ujar H.Anwar Minggu (17/12/2017), baru lalu.Hal ini diungkapkan di acara peletakan Batu Pertama pembangunan Ruko miliknya di kawasan Timur Amahami Kota Bima.

Selain itu, Bupati juga diminta untuk meninjau kembali kebijakan dalam kaitan itu. Jika sebutnya, hal itu terbukti melanggar Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor.4 Tahun 2016 tentang pedoman penetapan Kepala Satuan PNF alih fungsi dari SKB.”Kalau melanggar, segera di tinjau kembali. Menurut saya, itu adalah jalan keluar terbaik. Idealnya, benahi selagi ada kesempatan, saya kira semua yang ada didunia ini bisa direvisi. Kecuali, Kitab Suci Alqur,an,” katanya.

Indikasi pelanggaran terhadap kebijakan tersebut terungkap ketika tercantum tandatangan Bupati dalam SK dimaksud. Bukan, H.Makruf, Plt Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima berdasarkan perintah Permendikbud pasal 6 ayat 3. Pada momen tersebut, terdapat 45 Kepala Sekolah (Kepsek) dan Pengawas yang dilantik.

Pelantikan itu berdasarkan SK. Bupati Bima nomor: 821.2/916/07.2/2017 tanggal 15 Desember 2017 tentang pengangkatan kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Sementara untuk Pejabat Struktural dan Fungsional ,hanya terdapat enam orang. Salah satunya, penetapan Kepala Satuan PNF alih fungsi SKB. Pengangkatan terhadap enam pejabat itu berdasarkan SK. Bupati Bima nomor : 821.2/915/07.2/2017 tanggal 15 Desember 2017. (HSTB/ Ferry Ihram Bima)