Team Redaksi July 29, 2020


KABUPATEN BIMA, MEDIA STABILITAS, COM,-Atas perjuangan dan proses yang cukup alot akhirnya jatah pengiriman sapi penggemukan untuk Bima dari yang awalnya hanya 2500 ekor sekarang di tambah kuotanya oleh Gubernur NTB sebanyak 12000 dan ini merupakan kabar baik buat para petani dan pengusaha kita.Ungkap Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bima melalui Kepala Bidang Agribisnis,Ir Mahmud.pada media stabilitas,com.

tapi kabar gembira tersebut nampaknya tidak di dukung oleh kondisi kita saat ini yang tengah di landa pandemi corona hingga kami pesimis jika kuota tersebut dapat kita penuhi pasalnya jadwal kapal tol laut yang mestinya banyak sekarang di kurangi oleh pemerintah dan terbukti memasuki pertengahan tahun ini kita di Bima baru tiga kali pengiriman sebanyak 1650 ekor sapi dan pada 27 juni nanti pengiriman ke empat.
Melihat kondisi ini tentu saja besar kemungkinan kiriman sapi kita hanya mampu setengahnya saja hingga akhir tahun dan ini tentu akan berdampak tidak baik bagi para petani apalagi Bima sekarang menjadi daerah sentra sapi penggemukan,ya semoga ada solusi lain dari persoalan ini.
Lalu berapa sebenarnya standart kapasitas jumlah muatan sapi menurut mengenai hal tersebut sebenarnya lebih kepada faktor kebijakan Syahbandar,Kapten kapal dan Nakhoda karena merekalah yang lebih memahaminya.
Terpisah Kepala KSOP(Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan)Kelas III Bima,Ilyas M.Natsir.menegaskan bahwa mengenai jadwal pengiriman itu bukan KSOP yang menentukan tetapi tepatnya ada di dinas peternakan sementara kami di syahbandar berfungsi sebagai Pengawasan dan Keselamatan Pelayaran kemudian memastikan kelancaran arus barang yang naik maupun barang yang turun di bantu oleh aparat, kami hanya menyiapkan tempat dan memfasilitasi.

Kita tidak bisa menentukan jumlah berapa jumlah muatan yang mesti di angkut karena tidak berbicara kapasitas muatan karena kalau kita berbicara over kapasitas yang menjadi tolak ukur syahbandar menurut UU No.17 tahun 2008 tentang pelayaran adalah lambung Timur dan jika sudah over draft lambung timurnya maka stop”sepanjang tidak mengganggu faktor keselamatan pelayaran utamanya keselamatan kapal jika memang masih bisa ya silahkan”.

Tidak ada aturan pasti tentang berapa total jumlah muatan kapal sebenarnya yang di tentukan itu bukan aturan 550 tetapi itu kuotanya jadi di situ bisa di lihat spacenya masih ada kemudian hitungan stabilitas kapalnya masih plus positif maka stabilitas kapal nya masih bagus.
Kita coba memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat karena petani ternak sapi banyak tentu kami merasa iba dengan kondisi ini,hal-hal inilah yang menjadi pertimbangan pertimbangan kami karenanya meskipun saat ini telah ada tiga tol laut beroperasi di Pelabuhan Bima kami akan berupaya untuk menambah satu armada tol laut lagi karena inilah mungkin salah satu bentuk pengabdian kita kepada masyarakat khususnya Petani ternak sapi penggemukan.pungkasnya.penulis : Muslim. Editor : FS. Donggo. Redaksi Media stabilitas