admin July 24, 2020

Puluhan Mahasiswa lintas organisasi menyelenggarakan “Sidang Paripurna” dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-67 di bawah fly over Jalan Tegal Gede-Tegal Danas, melakukan demontrasi. (ist)

MEDIA STABILITAS.COM,- (JAKARTA)  –  Dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Bekasi, para mahasiswa mengingatkan para pemangku kebijakan agar melakukan refleksi sekaligus evaluasi terhadap realitas Kabupaten Bekasi.

“Bupati punya cita-cita ingin menjadikan Kabupaten Bekasi daerah termaju. Seperti apa program dan langkah kongkretnya. Ini pertanyaan besar. Buktinya, angka kemiskinan, pengangguran dan korupsi masih tinggi,” tegas Adiyanto SW, Ketua PMII Kabupaten Bekasi.

Dugaan korupsi pemeliharaan Mess Mahasiswa di Bandung dan Yogya tahun anggaran 2016 menjadi gambaran nyata, bahwa upaya-upaya penyelewengan uang rakyat (APBD) masih sangat kuat. Korupsi seperti tradisi dan warisan yang harus dipertahankan.

“Kami ingin dilakukan audit investigasi terhadap kegiatan pemeliharaan Mess Mahasiswa tersebut. Supaya ada transparansi dalam penggunaan APBD. Nilainya sangat besar, hampir Rp. 500 juta lebih. Karena APBD dari oleh dan untuk rakyat,” tandasnya.

Minta Kejagung Usut Dugaan Korupsi APBD Kota Bekasi?

Walikota Bekasi Rahmat Yasin. (ist)

Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Grasi) menggelar aksi meminta Kejaksaan Agung segera menuntaskan kasus korupsi APBD Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020), baru lalu.

Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Grasi) menggelar aksi meminta Kejaksaan Agung segera menuntaskan kasus korupsi APBD Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020).

“Kami atas nama Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Grasi) meminta kepada Kejagung untuk untuk segera menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi dana APBD Kota Bekasi dalam proyek multiyear tahun nggaran 2017,” kata koordinator aksi Yusril Nagernya dalam keterangannya.

Dia berharap pihak Kejagung juga melakukan pemanggilan lanjutan para pejabat Kota Bekasi terkait yang diindikasikan diduga melakukan tindakan koruptif serta dilakukan pemeriksaaan atas dugaan TPPU pejabat di Kota Bekasi.

Selain itu, mereka menuntut untuk segera diumumkan LAPJU atas pemanggilan para pejabat yang sudah di lakukan.

“Seperti yang kita ketahui saat ini, sebanyak lima paket proyek besar multiyears yang berasal dari dana APBD Kota Bekasi tahun anggaran 2017 telah disasar oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), karena disinyalir dan diduga salah satu modus penggangsiran APBD melalui proyek multiyears tersebut, patut diduga dengan rekayasa dan banyak melanggar aturan,” katanya.

Dalam aksinya, Grasi juga mengingatkan bahwa pemberantasan korupsi adalah agenda besar dan program kerja unggulan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH.Ma’ruf Amin, yang tertuang dalam butir keempat Nawa Cita. (@)

Penulis   : Andi Priatna/Kamal Jaya.
Editor    : FS. Donggo
Redaksi  : Media Stabilitas