admin November 21, 2020

Rudi As Aturridha Corporate Secretary yang baru Bank Mandiri. (ist)

MEDIA STABILITAS.COM,-  (JAKARTA)  –  PT Bank Mandiri Tbk menunjuk Rudi As Aturridha sebagai Corporate Secretary, menggantikan Rully Setiawan yang akan mendapat penugasan di perusahaan anak. Sebelumnya, Rudi merupakan Vice President (VP) Corporate Communications Bank Mandiri

Menurut Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya, perubahan pejabat tersebut merupakan bagian dari dinamika organisasi di Bank Mandiri yang terus berjalan seiring cepatnya perkembangan industri keuangan di Tanah Air, apalagi dengan meningkatnya tantangan pengelolaan bisnis di masa pandemi.

Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya. (ist)

“Dalam dinamika tersebut, fungsi Corporate Secretary akan semakin strategis sebagai penghubung antara perusahaan dengan stakeholder, sekaligus menjadi juru bicara resmi perseroan. Nantinya, Corporate Secretary bertanggung jawab dalam mengelola strategi dan aktivitas komunikasi Bank Mandiri, baik secara korporasi maupun pemasaran produk, sebagai bagian dari upaya penguatan reputasi perseroan,” .

Namun menurut peraturan yang ada seharusnya penunjukan sekretaris di perusahaan publik melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa, sebab harus diminta persetujuan para pemegang saham juga. Demikian di katakan Direktur Peneliti dan Investigasi Komite Anti korupsi indonesia (Kaki), Fathullah S. Donggo, di jakarta kemarin.

berdasarkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-19/MBU/10/2014 tanggal 17 Oktober 2014 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-21/MBU/11/2014 tanggal 7 November 2014 telah ditetapkan persyaratan dan tata cara pengangkatan dan pemberhentian Anggota Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara (BUMN), termasuk pengurus lainnya seperti Sekretaris Perusahaan sudah di atur dalam aturan tersebut, ujar Fathullah..

Bahwa, tambah Fathullah, Peraturan Menteri sebagaimana dimaksud huruf a di atas, perlu disesuaikan dengan perkembangan regulasi serta kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungan Badan Usaha Milik Negara, dengan meningkatkan transparansi dan sistem pengangkatan yang lebih cepat dan efisien, ujarnya.

Selain itu,berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, dan huruf b di atas, perlu menetapkan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pengangkatan Dan Pemberhentian Anggota Dewan Komisaris Dan Dewan Pengawas (BUMN).

Sebagai Corporate Secretary, Fathullah, menambahkan, bahwai juga diberi mandat untuk memastikan terpenuhinya hak dan kewajiban perseroan sebagai institusi perbankan maupun perusahaan terbuka sesuai peraturan regulator terkait fungsi sekretaris perseroan, terangnya.

Rudi, Sebelum menjadi VP Corporate Communications pada 2019, Rudi As Aturridha pernah menduduki posisi sebagai VP Group Project, Secondary and Multipurpose Loan di Consumer Loans Group dan VP Area Head Bank Mandiri Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedangkan Rully Setiawan mendapat penugasan di anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang perusahaan pembiayaan, yakni PT Mandiri Utama Finance

Seharus Melalui RUPS ?

Regulasi dan ketentuan mengenai Tatacara Penyelenggaraan RUPS, Tugas dan Tanggung Jawab Direksi dan/atau Dewan Komisaris diatur dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Undang-undang Perseroan Terbatas, Anggaran Dasar masing-masing Perusahaan dan Regulasi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), khususnya POJK Nomor 32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka dan POJK Nomor 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik. Namun yang di bank mandiri adalah mekanisme yang di nilai keliru dan salah, yaitu salah satunya pergantian sekretaris perusahaan yang baru menempati sekitar  10 bulan.

Menurut Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya, perubahan pejabat tersebut merupakan bagian dari dinamika organisasi di Bank Mandiri yang terus berjalan seiring cepatnya perkembangan industri keuangan di Tanah Air. Apalagi dengan meningkatnya tantangan pengelolaan bisnis di masa pandemi.

“Dalam dinamika tersebut, fungsi corporate secretary akan semakin strategis sebagai penghubung antara perusahaan dengan stakeholder, sekaligus menjadi juru bicara resmi perseroan. Nantinya, corporate secretary bertanggung jawab dalam mengelola strategi dan aktivitas komunikasi Bank Mandiri, baik secara korporasi maupun pemasaran produk, sebagai bagian dari upaya penguatan reputasi perseroan,” kata Agus dalam keterangan resminya, Rabu, lalu.

Kata Agus, sebagai corporate secretary, Rudi juga diberi mandat untuk memastikan terpenuhinya hak dan kewajiban perseroan sebagai institusi perbankan maupun perusahaan terbuka sesuai peraturan regulator terkait fungsi sekretaris perseroan.

Rully Setiawan Jadi Corporate Secretary

Eks Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rully Setiawan. (Foto/Ist)

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menunjuk Rully Setiawan sebagai Corporate Secretary. Rully menggantikan posisi Rohan Hafas yang dipromosikan menjadi Senior Executive Vice President (SEVP) Corporate Relation Bank Mandiri. Tapi kini Rohan menjadi Direktur Hubungan Kelembagaan bank mandiri.

Pada waktu itu, Vice President Corporate Communications Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan sebagai Corporate Secretary, nantinya Rully akan bertanggung jawab dalam mengelola strategi dan aktivitas komunikasi Bank Mandiri sebagai bagian dari upaya penguatan reputasi perseroan. Namun kini menjadi sekretaris perusahaan bank mandiri menggantikan Rully.

“Selain itu, Beliau juga akan mengelola penyaluran Corporate Social Responsibility serta kepatuhan terhadap regulator, termasuk dalam pengelolaan brand Bank Mandiri,” kata Rudi As Aturridha di Jakarta, Jumat (6/3/2020), baru lalu.

Rully Setiawan sebelumnya adalah Regional CEO Bank Mandiri wilayah Bali dan Nusa Tenggara sejak tahun 2018. Pria kelahiran tahun 1978 ini bergabung di Bank Mandiri sejak tahun 2001 melalui program pengembangan pimpinan atau Officer Development Program. (**)

Tag              : PT Bank Mandiri Tbk.
Penulis       : FS. Donggo
Editor         : FS. Donggo
Redaksi      : Media Stabilitas
Foto            : Kamal Jaya